• Selamat Datang
 
  • :  
  • Seks & Seksi
  •   :  
  • Kesehatan
  •   :  
Rabu, 23 November 2011
Jaga Kolesterol, Hindari Sakit Jantung
istimewa  
Dibaca : 404 kali     Komentar: 0

Palmerah, Warta Kota

SERINGKALI ketika menikmati makanan saat pesta atau makan di restoran dengan menu daging merah atau makanan siap saji, ada teman yang mengingatkan dengan kata-kata "Awas kolesterol lho". Namun seringkali peringatan itu dikalahkan oleh lezatnya makanan yang disajikan.

Pada dasarnya, semua kolesterol yang diperlukan oleh tubuh diproduksi oleh hati. Kelebihan kolesterol yang terdapat di dalam darah datang dari makanan yang mengandung kolesterol yang dikonsumsi, misalnya daging merah (sapi), jeroan (hati, otak, limpa), kuning telur, krim, dan mentega.

Di negara maju, rata-rata tingkat kolesterol dalam darah melebihi 200 mg per dl, sementara tingkat yang ideal adalah kurang atau maksimal 200 mg per dl. Semakin tinggi kadar kolesterol (hypercholesterolemia), peluang timbulnya penyakit jantung koroner (coronary heart disease) yang disebabkan timbunan plak pada pembuluh darah akan semakin besar.

"Sangat penting untuk mencegah timbulnya kolesterol tinggi di dalam darah yang dapat ditempuh dengan banyak cara seperti pengaturan pola makan sehat serta dibantu konsumsi penurun kolesterol yang aman bagi tubuh," kata DR dr Anwar Santoso SpJP(K) FIHA FAsCC belum lama ini.

Penelitian dibidang kedokteran berusaha menemukan bahan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Salah satunya adalah Prof Helena Gylling MD PhD, seorang peneliti senior dari University of Kuopio, Finlandia, yang melakukan serangkaian penelitian terhadap khasiat Plant Stanol Ester (PSE).

PSE merupakan golongan tumbuhan (phytosterol) yang terdapat dalam sejumlah tanaman, di antaranya kedelai, sayuran, jagung, dan gandum. Struktur PSE yang menyerupai kolesterol akan membantu mengikat garam empedu pada saluran pencernaan sehingga menghambat penyerapan kolesterol dari makanan.

"Dari penelitian yang telah saya lakukan, terbukti secara klinis adanya penurunan kadar kolesterol total hingga 8 persen, kolesterol LDL hingga 11 persen setelah mengonsumsi PSE selama 1-2 minggu," ujar Prof Helena. Di Indonesia, PSE bisa didapat dalam minuman susu Nutrive Benecol.

"Agar tingkat kolesterol terjaga, sebaiknya juga berolahraga secara teratur dan memperhatikan pola makan. Dengan memelihara pola hidup yang sehat, kita akan mampu mengendalikan tekanan darah sekaligus kadar kolesterol," kata dr Widjaja Lukito PhD SpGK. (lis)

 

 

Share :                
A   A   A
Beri komentar :
Nama
Email
Komentar
Kode
 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
 
 
CLOSE[X]